Rabu, 12 Oktober 2011

Pengajar Bimbel Jutawan yang Hidup Bak Selebriti di Hongkong


Di Hong Kong, kompetisi yang sangat ketat untuk meraih sukses dalam ujian dalam sistem pendidikan telah melahirkan guru generasi baru, yaitu guru selebriti dengan gaya hidup jutawan.


Para guru selebriti, dengan penampilan glamor, mengaku bisa mengubah siswa yang gagal menjadi siswa dengan nilai A. Dan tebak berapa penghasilan mereka? S$1,8 juta (sekitar Rp12,5 miliar). Industri bimbingan belajar di Hong Kong bernilai setidaknya S $ 63 juta (sekitar Rp438,5 miliar).

Para orang tua di Hong Kong lebih sering menyerahkan anak-anak mereka ke dalam bimbingan belajar agar sukses dalam ujian nasional yang intens.

Menurut Kelly Mok, seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di Glory King, salah satu bimbingan belajar terbesar di Hong Kong, budaya pendidikan di Hong Kong terlalu mementingkan nilai akademis sehingga menganggap bahwa bimbingan belajar merupakan salah satu jenis investasi dalam pendidikan.

Hal tersebut telah membuat perubahan pada hidup salah satu guru selebriti, Richard Eng, menjadi orang kaya, memiliki mobil Lamborghini, mengenakan jam tangan mahal, dan tinggal di rumah jutaan dolar di kota distrik Yuen Long.

Eng memberikan pengakuan bahwa setiap tahun ada sekitar 100.000 siswa yang mendaftar di bimbingan belajarnya dengan biaya yang sangat tinggi. Dia dan guru lainnya diminta untuk berpenampilan mencolok dan trendy sebagai salah satu strategi marketing untuk menarik murid.

"Hanya ada 20,000 bangku kuliah di Hong Kong setiap tahunnya, tetapi ada 100,000 orang yang berminat untuk masuk ke dalam universitas." kata Eng. 

"Ketika Anda berpikir tentang persaingan yang sangat ketat, maka Anda akan memahami mengapa orang-orang terobesesi untuk melakukan yang terbaik dalam ujian nasinal, terutama ujian masuk perguruan tinggi."

sumber: edvantage

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Visitors

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops