Jumat, 18 November 2011

Hati hati modus penipuan seminar dikti

pertamanya Cowokku mendapat sms yang isinya seperti spoiler dibawah, pertama dia lagsung tertarik karena dia merasa akan ada peluang pekerjaan dari dinas pendidikan DIY. dengan jalan di ikutkan seminar gratis. akhirnya dia menelpon pihak yang pertama kemudian mendapat penjelasan kalau dia mendapat nomor urit yang terakhir. dan akan mengikuti seminar di hotel nusa dua Bali dan didanai 15 juta untuk akomodasi.  bagusnya kami mencari info dulu dan tidak langsung mengiyakan apa yang orang di dalam telfon minta. dia bilang kami harus menghubungi orang dari Dikti jogja (setahuku Dikti jogja kan tidak ada dan memastikannya saya menghubungi dosenq dan jawabanyya dikti cuman ada di pusat Jakarta) dari situ mulai curiga dan mencoba searcing di internet dan dapet ni dari kaskus.. jadi semoga bermanfaat 

jangan karena kita belum kerja n baru lulus jadi bisa dibohongin

dari kaskus: 

Kejadian ini baru saya alami pada tangggal 23/08/2011 kemarin tepatnya pukul 14.19..Awalnya saya di sms dengan iming2 seminar kewirausahaan.Karena saya sangat tertarik dengan seminar tersebut saya mempercayainya.
isi smsnya

Spoiler for : 

YTH :
**********
segera hubungi Bp.Dr.H.Wahyudin Zarkasyi,SK Kadisdik Jabar:085695103508. Perihal seminar dikti gratis (dari PR.I.I*B)


Saya yang mendapat sms itu,tertarik dengan seminar kewirausahaan itu. Saya pikir ini langsung dari kampus saya. Saya nekat menghubungi no tersebut , dan berbicaralah saya Pas ditelpon. pak wahyudinnya jelasin panjang lebar soal program seminarnya. Suara bapak itu khas dan saya masih bisa ingat kalau itu memang suara beliau. Dan saya pun percaya . Kemudian pak kasih nomor regirstrasi 100/semnas/9997175/dikti/2011. Sambil dikasih tahu kalau biayanya semua dari Dikti dan dilarang pakai uang yayasan. Dananya ngak tanggung-tanggung 10 juta. Beliau kemudian menyuruh saya siapin no rek BRI dan untuk pencairannya hubungi aja pak Prof.Joko Purwanto (dirjen Dikti) di nomor 081287281738 , katanya nomor Diknas di jakarta. Tapi waktu mau mengakhiri pembicaraan dengan sangat buru-buru dia bilang, ditunggu sampai jam empat .Dan saya sms beliau dan beliau menelepon saya sepanjang jalan.
Kemudian saya disms pak wahyudinnya. Dia pun bertanya, sudah dapat nomor Regristrasinya? waktu saya bacaain, dijawab.. oh ini peserta terakhir ya. OKE nakya, sekarang kamu ke atm saya akan transfer sekarang dan kamu harus cek la ngsung, dan dibacakan referensinya, saya pikir ini bener dan akhirnya mendapat no ref prx:002/3296/0101/213/. 

Setelah mendapat itu, saya dialihkan kembali ke no prof.Dr.Joko Purwanto, dan secara ga sadar saya mengikuti semua perkataan beliau saya sampai jalan mencari atm BRI yang lumayan jauh dari thamrin ke sabang dengan berjalan kaki.telepon saya tidak terputus,ketika mati beliau telp dan sms.Pikiran saya semakin kacau, dan saya mengikuti jalan pikiran si bapak joko itu.


Spoiler for : 

Tapi sudah kepalang basah, Saya pun langsung ke ATM yang berjarak 1 km dari tempat magang. namun sebelum ke ATM, (Di atm langsung cek saldo, ada 4.5 juta, sisa-sisa uang hidup selama ngekos dan uang beasiswa). 

Tarik nafas sebentar buat menenangkan diri, kemudian saya ditelpon lagi si penipunya. Nak, sudah di atm. Oke pak saya sudah siap. Aksi pun dimulai

(Beginilah kira-kira percakapan di ATM itu).

Penipu (P): Masukin kartu .

Korban (K): sudah pak.

P: pilih bahasa Indonesia

K: OKE pak.

P: masukin PIN

K: Oke pak, sudah.

P: sekarang pilih cek saldo?

K: Oke pak.

P: berapa terbaca di layar, soalnya nanti transaksinya ngak bisa.

K: *.*juta 

P: Oke nak, kita mulai nak ya… bapak harus cepat-cepat, karena ini harus bersama-sama.

K: Oke pak….

P: Pilih transfer..

K: Oke pak transfer..

P: Pilih ke bank BRI

K: oke pak ke bank BRI

Di layar muncul pesan: Masukkan nomor rekening tujuan..

P: masukkan nomor PIN nya pak. Ini nomor PIN nya: 05xxx xxx.

K: Oke pak 05xxx xxx, sudah pak, (biasanya disini memang korban ngak sadar kalau dia masukin nomor rek penipu)

Di layar kemudian muncul: Masukkan jumlah yang ingin anda transfer:

P: Masukkan nomor referensi pak: tekan 9 tujuk kali (lagi-lagi korban dikecoh, jumlah uang dibilang nomor referensi).

P: Itu no referensi dari kami nak… supaya tahu nanti pas kliringnya. km harus cepat-cepat. nanti transaksinya gagal nih.


Seingat saya cuma itu,saya bener2 ga sadar dan seperti dihipnotis melalui suara, saya mengikuti apa yg dia instruksikan..Saya tertipu dan saya baru sadar ketika beliau menelepon lagi dan bukti transfer yang saya pegang saya baca. Dan saya bergetar dan langsung menelepon ibu. Saya mengalami kerugian yang lumayan besar bagi saya seukuran mahasiswa yang baru lulus.. 

tips:

Spoiler for : 

Beberapa trik dari penipu yang saya pelajari:

1. Selalu buru-buru, seolah-olah ingin cepat selesai, maksudnya supaya korban tidak bisa berpikir jernih.

2. Menggunakan istilah-istilah teknis yang korban tidak terlalu paham. Istilah teknis tersebut juga sebenarnya tidak digunakan dengan tepat oleh si penipunya.

3. Minta pada korban untuk tidak cerita kepada orang lain dengan alasan ini rahasia negara dll semacamnya.


ini dokumentasinya y:

Spoiler for : 


lagi

Spoiler for : 



agan-agan sekalian Jangan pikiran kosong, selalu cari kesibukan dikala tidak tenang hatinya,saya waktu itu sedang tak tenang pikirannya, jadi gampang terpengaruh..

Spoiler for : 

*biarkan pengalaman saya menjadi peringatan dan intervensi bagi kita semua,HATI HATI ,kriminalitas sekarang sudah canggih dan tak terduga, tidak mengenal umur,jabatan,dan semua bisa terkena.

* semoga si pelaku dibukakan pintu hatinya dan berkah.



sumber. Kaskus.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Visitors

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops