Jumat, 30 Desember 2011

Zangrandi - Es Krim Jadul yang tetap eksis




Salah satu tempat makan yang sudah bertahan sejak jaman Belanda adalah Zangrandi yang bertempat di Jalan Yos Sudarso 15 Surabaya (d/h Dijkermanstraat). Pada awalnya tempat menjual es krim ini bernama Renato Zangrandi`s Ijspaleis. Didirikan oleh seorang pendatang dari Italia bernama Renato Zangrandi yang kemudian dijadikan nama tempat usahanya.

Walaupun es krim gaya Italia tapi tekstur es krim Zangrandi sangat jauh berbeda dengan tekstur es krim Italia yang sekarang sedang in seperti Gelato yang bertekstur lembut karena mengandung lebih banyak krim susu. Es krim Zangrandi lebih mirip Casata yang bertekstur lebih keras dan tidak selembut Gelato. Tetapi walaupun tidak bertekstur lembut bukan berarti es krim Zangrandi tidak enak. Justru kekhasan tekstur dan rasa yang old style tidak bisa ditandingi oleh tempat es krim manapun di Surabaya.

Selain es krimnya yang relatif tidak mengalami perubahan, suasana tempatnya dengan kursi-kursi rotan berwarna merah dan putih juga tidak berubah. Tetap seperti sejak jaman Belanda.

Hidangan yang paling terkenal dari Zangrandi adalah Es Krim Tutti Fruti. Potongan es krim berbentuk segi tiga panjang dengan krim dan potongan-potongan kecil manisan kulit buah jeruk atau yang biasa dikenal dengan istilah zucade. Selain Tutti Fruti, hidangan yang juga terkenal sejak jaman dulu adalah Es Krim Soda, scoop es krim dengan aneka pilihan rasa yang dicampur dengan air soda terasa segar sebagai pengusir gerahnya Surabaya.

Suasana semakin asyik dengan hidangan pendamping berupa Kroket dan Risoles yang juga khas jaman vor de orloog. Bisa dibilang dua jajanan ini menjadi teman yang paling klop untuk makan es krim.

Sambil duduk santai SuFoters bisa menikmati sedapnya es krim Zangrandi. Apalagi jika diiringi lagu Soerabaia yang mendayu-dayu dari penyanyi terkenal jaman dahulu: Anneke Gronloh

Soerabaia.......
Soerabaia.......
Met je zee en je hemel zo blau
Soerabaia.......
Soerabaia.......
Mijn gedachten zijn altijd bij jou

Siiip..... deh !!!

poto Zangrandi tempo doloe gan...




ini buku menunya


dan ini ice creamnya gan.. hhhhuuuuummm yuuummmiieee






for sumbernya :

oh iya menurut ane tuh paling enak kalo lagi nongkrong di sana sambil beli kacang rebus gan...
disebelanya tuh... ada yang jualan kacang rebus, lebih mantep lagi sambil dengerin lagu tempo doloe dari Anneke Gronloh yang judulnya Soerabaia.......

for link lagunya gan...

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Visitors

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops