Senin, 28 November 2011

Karpet Macan Terbuat Dari 500.000 Batang Rokok !

Sekilas seperti hamparan karpet berbulu tebal dengan desain kulit macan. Atau mungkin tampak sama dengan kulit macan berbulu tebal. Tapi perhatikan lebih baik lagi, karpet ini justru dibuat dari lebih 500 ribu rokok yang tersusun rapi membentuk hamparan karpet atau bulu macan.

Ciptaan mengagumkan ini dibuat oleh seniman China Xu Bing. Dipamerkan di Museum of Fine Arts Virginia, karya seni tembakau ini memiliki pesan akan perdagangan global dan bagaimana kebiasaan orang dalam merokok yang sudah dipastikan tidak sehat.


Xu Bing, seniman berumur 56 tahun sebelumnya merancang melalui sketsa awal yang ditata di lantai museum Virginia.Xu Bing juga dikenal sebagai salah satu seniman China yang paling menonjol di Duke University Amerika Serikat yang memiliki project terkait hubungan rokok dengan kemasannya.


Dalam menciptakan karya fenomenalnya ini, Bing mengunjungi pabrik tembakau, gudang tembakau dan pabrik rokok di Virginia untuk menciptakan karyanya. Dipilihnya Virginia kareana negara bagian timur Amerika ini secara tradisional dikenal sebagai rumah tembakau yang diproduksi massal.



Menggunakan tembakau sebagai baik material dan subjek di mana untuk mengeksplorasi berbagai isu, karya Xu Bing berhubungan dengan topik dari perdagangan global untuk eksploitasi tembakau. Xu Bing juga menyoroti dalam ‘budaya tembakau meluas ke dampak historis skala besar ekspor Cina akan produk tembakau dari Amerika Serikat yang dimulai pada akhir abad 19.

Video Karpet Macan Xu Bing :




0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Visitors

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops