Senin, 28 November 2011

Tips Agar Mudah Berhenti Merokok

tidak bisa lepas dari gaya hidup masyarakat baik di perkotaan ataupun di pelosok desa. Selain budaya daerah kita sudah mengenal rokok dari dahulu, Indonesia pun dikenal sebagai produsen rokok terkenal di seluruh dunia. Berdasarkan data dari WHO menyebutkan bahwa 60 juta orang di Indonesia mempunyai kebiasaan merokok.

Nikotin adalah zat yang menyebabkan kecanduan akan rokok. Nikotin menghasilkan zat dopamine yang memberikan rasa tenang dan nyaman. Dengan adanya zat tersebut sulit sekali buat seorang perokok untuk tidak merokok hanya 1 batang rokok saja. Jika anda ingin berhenti merokok, lakukan segera mungkin, karena makin cepat anda berhenti makin baik bagi kesehatan anda. Untuk itu kami berikan tips tujuh langkah awal menghentikan ketergantungan terhadap rokok, yaitu :
  1. Buatlah komitmen pada diri anda sendiri untuk berhenti merokok.
  2. Carimotivasi atau inspirasi anda untuk berhenti merokok. Motivasi bisa bermacam macam, selain untuk kesehatan atau keluarga.
  3. Mintalah orang terdekat anda seperti teman, pacar atau keluarga untuk mendukung dan mengingatkan anda ketika keinginan merokok datang.
  4. Temui dokter jika diperlukan untuk mengkonsultasikan niat anda berhenti merokok.
  5. Tetapkan tanggal anda mulai stop merokok dan beritahukan pada keluarga agar mereka tetap membantu mengingatkan niat tersebut.
  6. Carilah program pendukung stop merokok yang dapat membantu anda
  7. Singkirkan semua hal yang dapat mendorong atau mengingatkan anda untuk merokok kembali seperti korek api, asbak, asap rokok atau berkumpul dengan teman-teman yang merokok.
  8. Carilah kesibukan baru yang dapat anda luangkan diwaktu senggang agar anda tidak terpikir lagi untuk merokok.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Visitors

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops